Java Inti Sarana | Jasa Pasang dan Service PABX

Perkenalkan kami Java Inti Sarana, kami bergerak di bidang jual beli, pengadaan, jasa pemasangan serta service alat telekomunikasi PABX / IP PBX, perlengkapan keamanan CCTV / IP Camera dan jaringan. Pengadaan mesin PABX kapasitas kecil hingga kapasitas besar 100, tergantung berdasarkan dari kebutuhan klien. Pengadaan perangkat keamanan CCTV ( paket dan satuan ), jasa pemasangan, jasa service, jasa pemindahan, jasa setting, jasa program CCTV. Dalam setiap pekerjaan kami melibatkan teknisi yang ahli, profesional dan berpengalaman dalam bidang tersebut, jadi jangan pernah ragu untuk mengandalkan kami. Segera hubungi kami untuk konsultasi dan mendapatkan penawaran harga terbaik. ~

Artikel dan Tutorial PABX

Cara menyambungkan urutan kabel telepon PABX

Cara menyambungkan urutan kabel telepon PABX

Cara melakukan penyambungan urutan instalasi kabel telepon PABX berdasarkan warna

cara-menyambungkan-urutan-kabel-telepon-pabx


Buat kalian yang baru saja memulai profesi sebagai teknisi PABX, berikut ini adalah sebuah panduan dalam melakukan konekting extension telepon PABX yang wajib untuk pelajari. Dalam menyambung instalasi kabel telepon ke dalam mesin PABX, terutama jika skema instalasinya menggunakan terminal LSA seperti pada gambaran topologi diatas, adakalanya penting untuk menata urutan warna kabel telepon dalam menyambungnya. agar tidak pusing melihat kumpulan kabel yang beraneka warna, mari kita ulas. Kabel telepon umumnya adalah 2 pair atau kabel isi 4 terdiri dari warna secara umum adalah Biru-Merah-Putih-hitam. Namun bila kabel itu adalah kabel multy 10 pair atau kabel isi 20, maka akan terdapat 5 grup kabel yang setiap grupnya memiliki warna yang berbeda dan masing-masing grup memiliki 2 pair kabel dengan setiap grup terdapat 1 kabel yang memiliki warna kabel yang berbeda (sebagai penanda pada grup ).

Baca juga, "Cara pasang dan setting PABX Panasonic TES824"

" Tips dan Cara Menyambung Kabel CCTV "



Urutan kabel Didalam kabel telepon 10 pair terdiri dari 5 warna grup, sebagai berikut


1. Biru-merah-putih-hitam 

2. Orange-merah-putih-hitam 

3. Hijau-merah-putih-hitam 

4. Coklat-merah-putih-hitam 

5. Abu abu-merah-putih-hitam


Agar kabel tersebut dapat terkoneksi dengan baik dan rapih secara urutan berdasarkan warna grupnya masing-masing, maka perlu untuk disambungkan ke terminal sisip LSA Krone :

|LSA No.1 Biru-merah|LSA No.2 Putih-hitam|LSA No.3 Oranye-merah|LSA No. 4 Putih-hitam|LSA No.5 Hijau-merah|LSA No.6 Putih-hitam|LSA No.7 Coklat-merah|LSA No.8 Putih-hitam|LSA No.9 Abuabu-merah|LSA No.10 Putih-hitam|


urutan-penyambungan-kabel-telepon-pabx


Perlu untuk membuat patokan atau sebutan dari setiap urutan warna grup kabel telepon tersebut, agar mudah untuk mengingatnya. Maka bisa disingkat dengan sebutan BOHCA yang artinya adalah ( Biru, Orange, Hijau, Coklat, Abu abu ), namun bilamana kabel tersebut adalah kabel 20 pair, 30 pair atau lebih, jika itu adalah kabel 20 pair, maka disetiap 10 pair kabel memiliki penanda kabel berupa pita berwarna yang melingkari setiap 10 pair kabel dengan urutan warna kabel yang sama. Perbedaannya hanya pada warna pita yang melingkari setiap 10 pair kabel, untuk menjadi penanda atau patokan yang mesti diingat ketika melakukan penyambungan kabel telepon PABX yang menggunakan terminal sisip LSA. Warna pita pada grup kabel 20 pair berwarna kuning dan merah, namun pada kabel 30 pair umumnya terbagi menjadi 3 warna pita, Pita Merah, Pita Kuning dan Pita Putih sebagai penanda grup pada kabel multipair 30 pair.


Penyambungan kabel telepon dari terminal hingga ke Konektor dan pesawat telepon


Untuk melakukan penyambungan serta mengaktifkan pesawat telepon hanya memerlukan kabel telepon 2 pair dari terminal sisip LSA hingga ke roset konektor telepon di socket outlet telepon, bila pesawat teleponnya adalah pesawat telepon analog, maka hanya butuh 1pair kabel menyambungnya.

menyambungkan-kabel-ke-pesawat-telepon-pabx



/ —— | 3 1 2 4 | pada socket telepon kita hanya memakai terminal hijau dan 2 merah saja, sedang putih dan hitam pada roset konektor untuk telepon khusus atau telepon digital yang memiliki feature yang lebih istimewa dibandingkan pesawat telepon single / analog. Semoga tutorial diatas tentang materi penyambungan kabel telepon ke dalam mesin PABX dapat bermanfaat bagi rekan-rekan yang membacanya, jika membutuhkan informasi dan konsultasi yang lebih detail segera hubungi kami, terima kasih saudaraa.

Teknisi Telepon PABX

Teknisi Telepon PABX
Jasa teknisi telepon PABX siap melayani pasang dan service PABX bergaransi